Langsung ke konten utama

Cara menggunakan absensi Kopoka di smartphone

Berikut adalah cara menggunakan absensi Kopoka di smartphone. Saat ini aplikasi smartphone Kopoka sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Jika belum, install terlebih dahulu aplikasi mobile Kopoka ke smartphone anda.

Pastikan GPS (location) di smartphone anda dalam kondisi hidup (on) dengan akurasi tinggi (high accuracy).

Hidupkan aplikasi mobile Kopoka, lalu login dengan Organization ID dari organisasi anda, dan email serta password yang sudah diset. Jika alamat email anda sudah terdaftar tapi anda lupa atau tidak tahu password anda, anda bisa melakukan password recovery.

Di halaman utama, tap di "Absensi", untuk menampilkan layar untuk melakukan absensi. Berikut adalah tombol-tombol yang ditap untuk masuk/keluar dan istirahat.
  1. Saat mulai bekerja di kantor, tekan tombol "MASUK" yang berada di sebelah kiri atas.
  2. Saat mulai bekerja di luar kantor, tekan tombol "REMOTE" dengan anak panah masuk yang berada di sebelah kiri bawah.
  3. Setelah selesai bekerja dan posisi di kantor, tekan tombol "KELUAR" yang berada di sebelah kanan atas.
  4. Setelah selesai bekerja dan posisi di luar kantor, tekan tombol REMOTE dengan anak panah keluar yang berada di sebelah kanan bawah..
Saat status anda sedang bekerja, anda dapat menekan tombol "MULAI ISTIRAHAT" untuk merekam waktu mulai istirahat, dan kemudian tekan "SELESAI ISTIRAHAT" untuk merekam waktu selesai istirahat.

Setiap tombol-tombol absensi di atas dipencet kamera smartphone akan muncul dan meminta pemakai untuk mengambil fotonya. Ini adalah metode sederhana namun efektif untuk memberikan bukti kehadiran.

Perhatikan bahwa jam yang ditampilkan adalah bukan jam menurut smartphone anda, namun jam yang dicatat di Kopoka adalah jam baku menurut server Kopoka. Jadi mengubah jam di smartphone tidak akan mempengaruhi jam absensi anda.

Jika terjadi kesalahan data sehubungan kehadiran (misalnya karena lupa clock in atau clock out), maka perbaikan bisa dilakukan dengan fitur "Attendance Request" di aplikasi web Kopoka.