Langsung ke konten utama

Cara menggunakan fitur Dokumen Pribadi

Organisasi bisa menyimpan data berbagai dokumen pribadi (personal document) dari tiap orang dalam organisasi tersebut dengan fitur Dokumen Pribadi. Berikut ini cara menggunakan fitur ini.

Pertama, buat dahulu definisi-definisi yang diperlukan untuk mengelola dokumen pribadi, yaitu tipe (type), kategori (category) dan master. Tipe adalah jenis dokumen pribadi, misalnya "Sertifikat" dan "ID". Kategori adalah kategori di dalam suatu tipe dokumen tersebut. Misalnya, untuk tipe "Sertifikat" bisa dibuat kategori "STCW" dan "Kesehatan", dan untuk tipe "ID" bisa dibuat kategori "Seafarer" dan "Imigrasi". Sedangkan master adalah nama masing-masing dokumen pribadi yang akan digunakan. Misalnya ANT IV, ANT III M, ATT V M dan lain-lain untuk kategori STCW, "Yellow Paper" untuk kategori "Kesehatan", "Buku Pelaut" untuk kategori "Seafarer" dan "Passport" untuk kategori "Imigrasi".

Pembuatan definisi-definisi ini dilakukan melalui menu "Personal document type", "Personal document category", dan "Personal document master" di halaman menu "Administrator".

Kemudian, barulah lakukan pendaftaran dokumen pribadi dari orang di organisasi, melalui tombol "Dokumen pribadi" di halaman "Staff Detail".