Langsung ke konten utama

Cara menggunakan fitur potong gaji untuk keterlambatan (admin)

Modul Payroll di Kopoka bisa dengan otomatis memotong gaji jika terjadi keterlambatan dalam absensi. Sejumlah nominal uang bisa ditetapkan untuk dipotong untuk setiap keterlambatan, atau sejumlah persentase tertentu bisa juga ditetapkan untuk dipotong dari pay item tertentu setiap kali terjadi keterlambatan. Harap diketahui bahwa Kopoka tidak membatasi total dari potongan, jadi jika tidak dirancang dengan baik, gaji take home pay bisa menjadi minus.

Potongan gaji karena keterlambatan adalah suatu pay item, jadi untuk menggunakannya perlu dibuat pay item nya, dimasukkan ke pay set yang di-assign ke staff. Setelah itu, perlu dibuat aturan pemotongannya.

Berikut cara menggunakan fitur potong gaji untuk keterlambatan:

Setting di "Pay item"
1. Di menu "Administrator", klik "Create new pay item".
2. Di "Pay/Tax Type" pilih "Deductions", lalu di "Pay/Tax Subtype" pilih sesuai kebutuhan.
3. Di "Pay Item Type", pilih "System calculated", lalu di "Pay Item Subtype" pilih "Pay cut for lateness"
4. Di "Target Pay Item(s)" pilih pay item yang akan menjadi target pemotongan, jika di "Attendance Rule Setting" (lihat dibawah) digunakan persentase.
5. Selain item-item diatas, isi sesuai dengan kebutuhan, lalu klik "Save".

Setting di "Attendance Rule Setting"
6. Di menu "Administrator", klik "Attendance Rule Setting", lalu klik "Create new rule".
7. Pada "Late Time" isi dalam menit ambang batas keterlambatan. Jika staff terlambat sama atau lebih dari ini dibandingkan jam masuk di work shift, maka dianggap terlambat.
. Pada "Fine type", masukkan metode pemotongan gaji. SpecificValue adalah pemotongan sejumlah uang tertentu setiap kali terlambat, sedangkan "Percentage" adalah persentase dari pay item tertentu.
4. Pada "Fine" masukkan angkanya, lalu klik "Submit".

Dengan demikian, jika angka gaji dimasukkan di Salary Entry, maka di Tax Calculation (jika digunakan) dan di Salary Calculation akan ada potongan di bagian "Deductions".



Postingan populer dari blog ini

Kopoka - Software absensi gratis

Kopoka adalah sistem absensi masa kini. Absensi akan menjadi basis dari banyak fitur lain yang akan dirilis secara bertahap, baik fitur HR dasar seperti payroll, maupun fitur strategic HR seperti recruitment, performance, training dan career. Untuk mulai menggunakan Kopoka, anda tinggal daftarkan perusahaan anda, lalu akses aplikasi web untuk mendaftarkan para staff anda, dan kemudian para staff bisa mulai pakai aplikasi mobile Kopoka. Berikut link-link ke petunjuk penggunaan Kopoka.

Cara memulai menggunakan Kopoka (Admin)
Cara mendaftar ke Kopoka (Admin)
Cara login ke aplikasi web Kopoka (Admin)
- Cara membeli lisensi (gratis) Kopoka (Admin)
Cara mendaftarkan staff di Kopoka (Admin)
Cara membuat shift kerja (Admin)
Cara menggunakan mobile attendance Kopoka (Staff)
- Cara memperbaiki data kehadiran (Staff)
Cara menset zona waktu (Staff)
Cara melihat dan mendownload data absensi Kopoka (Staff/Admin)
Cara mereset password sendiri (Staff)
Cara membuat struktur organis…

Cara memulai menggunakan Kopoka

Fitur dasar dari Kopoka adalah absensi dengan smartphone (mobile attendance). Berikut sekilas langkah-langkah untuk mulai menggunakan mobile attendance Kopoka:
Daftarkan organisasi anda di halaman pendaftaranTunggu aktivasi oleh Kopoka, dan setelah tiba email pemberitahuan bahwa aktivasi sudah selesai, login ke aplikasi web Kopoka, lalu lakukan pembelian lisensi Kopoka (gratis untuk fitur dasar termasuk absensi).Dalam kondisi login di aplikasi web Kopoka, daftarkan para staff anda.Setelah mendaftarkan para staff, buat shift kerja (work shift) untuk tiap staff Beritahukan kepada para staff untuk melakukan instalasi aplikasi mobile Kopoka dari Google PlayPara staff login ke Kopoka dari aplikasi mobile Kopoka menggunakan "Organization ID" dari organisasi anda, dan alamat email serta password yang diset saat pendaftaran staff.Staff kemudian sudah bisa menggunakan aplikasi mobile Kopoka untuk melakukan absensi. HR Administrator bisa melihat dan mendownload data absensi dari aplika…

Cara mendaftarkan staff di Kopoka (Admin)

Ini adalah bagian dari "Bagaimana memulai menggunakan Kopoka". Berikut adalah cara mendaftarkan para staff ke Kopoka oleh anda sebagai Administrator. Pastikan dulu anda sudah login dan sedang mengakses aplikasi web Kopoka sebagai HR Administrator (yaitu, pastikan role anda adalah "HR Admin"). Lihat dibagian kanan atas dari layar dimana tertulis "Current role:". Jika tertulis "Staff", maka ubah menjadi "HR Admin" melalui "Settings" dari My menu:

Login ke aplikasi web Kopoka jika belumDi kiri atas layar ada job title anda, klik disitu, lalu klik "Accounts"Di bagian "Switch Role", klik drop down list "Active Role" dan pilih "HR Admin"Mendaftarkan staff satu per satu melalui form isian
Setelah memastikan bahwa role anda yang tertulis di bagian kanan atas dari layar adalah "HR Admin", untuk mendaftarkan staff satu per satu menggunakan isian di web, lakukan hal berikut:
Di menu di kir…