Langsung ke konten utama

FAQ

Q: Kalau habis selfie terus gak kerja gimana
A: Sistem gak bisa maksa orgnya kerja, finger print juga gak bisa. Tapi yg jelas kecurangan jadi lebih sulit dibandingkan manual atau pake finger print.

Q: kenapa pekerja harus daftarin break time ? mereka bisa aja diem2 gak tahu, atau memang lupa
A: Break itu option, bisa dipake bisa tidak. Ada perusahan2 yg perlu.

Q: Bisa juga dibuat geofence, jadi kalau keluar atau masuk kedalam polygon yg didaftarkan di maps akan muncul alert ke command center
A: Saat ini ada fitur "Attendance Limit" menggunakan GPS, jd saat clock in/out, dicek apakah berada dalam radius yg ditentukan dari kantor. Bisa saja nanti ada fitur geofencing, tapi itu fitur tambahan dan itu akan lebih menggunakan batere hape.

Q: Sistem ini bagus untuk kedepannya dimana semua bekerja secara remote
A: Kebutuhan untuk sistem ini ada di perusahan yg tradisional yg hrs ngantor, kalo lambat otomatis potong gaji, namun juga di perusahaan yg fleksibel dan kerja remote. Programmer misalnya bisa kerja dirumah, absensi pake Kopoka. Ke kantor hanya hari tertentu utk koordinasi.

Q: "Kopoka" apa artinya?
A: Asalnya dari bahasa Jepang "コーポレートカード" (kooporeeto kaado) yang merupakan bahasa Inggris "corporate card" yang diserap ke dalam bahasa Jepang. Kopoka menjadi pengganti kartu ID sebagai identitas dan untuk absensi.

Q: Fitur berbayar apa saja?
A: Secara garis besar, fitur yg free adalah absensi, sbg pengganti mesin finger print. Fitur berbayar adalah 1) payroll, yaitu perhitungan gaji dan fitur-fitur terkait  2) income tax, yaitu perhitungan pph21. fitur seperti permohonan ijin cuti/overtime, check in, Attendance Limit termasuk dlm paket basic.

Q: "Day no" di shift itu maksudnya hari keberapa dalam satu minggu ya?
A: Ya org kantoran biasanya artinya itu, hari keberapa dalam satu minggu sebab biasanya shift nya per minggu. Sengaja dibuat istilahnya umum bukan nama hari karena siklus shift tidak selalu seminggu.

Q: 1 work shift di assign ke 1 staff?
A: Setiap staff harus ada shift, agar sistem tau jam kerjanya, utk mengetaui lambat atau tidak. Tapi assignmentnya bisa sekaligus banyak staff.

Q: Setelah didaftarkan staff saya loginnya pakai user/pass apa?
A: Begitu staff di create, otomatis email dikirim berisi password. Login pake organization id, email address dan random password tsb

Q: Work shift itu adalah permohonan dari HR kepada siapa? Kok istilahnya "permohonan"?
A: ybs sendiri bisa assign shift ke dirinya, tapi atas persetujuan atasan, itu sbbnya istilahnya permohonan. jika dilakukan oleh org yg memiliki role HR Admin, work flow (approval/request) di skip

Q: Clock in sama check in bedanya apa?
A: Clock in/out itu utk absensi. Check in/out utk menandai tiba dan keluar dr suatu tempat. Contoh pemakaian: Seorang salesman pagi dtg kantor, clock in, menandai dia sdh masuk kerja. Lalu hr itu dia ada jadwal kunjungi 3 prospects. Dia brgkt ke lokasi pertama, stlh tiba check in, lalu mtg 1jam, stlh seleasai dia check out. Lalu brgkt ke lokasi kedua, stlh tiba check in, dst. Clock in/out bisa dikaitkan ke payroll (potong gaji jika lambat), check in/out tidak. Check in/out tdk dikaitkan kemana mana. Hanya sbg pelaporan bagi atasan etc. Bhw ybs betul pergi ke lokasi

Q: waktu checkin apa hrd bisa tahu lokasinya dimana?
A: bisa, dari "Check-ins Summary" (link nya ada di bagian bawah halaman utama)