Langsung ke konten utama

Cara membuat struktur organisasi

Dalam kondisi default, saat organisasi baru dibuat di Kopoka, hanya ada satu job title sehingga tidak ada struktur atau hierarki dalam organisasi tersebut.

Untuk melihat struktur organisasi, klik "Diagram" di menu "People", maka akan tampil dua tab, yaitu "Grup dan Unit" dan "Job Title/Orang". Grup adalah organisasi (perusahaan) dan cabang, sedangkan unit adalah bagian-bagian (seksi, departemen, divisi dan lain sebagainya) di dalam organisasi tersebut. "Job Title/Orang" menunjukkan hierarki job title dalam organisasi, serta orang-orang yang menempati job title tersebut.

Pada awalnya, karena tidak ada atasan dan bawahan, karena semua staff memiliki job title yang sama, maka halaman absensipun hanya menampilkan data absensi diri sendiri. Jika ada bawahan, maka data absensi bawahan akan turut ditampilkan.

Untuk membuat struktur dalam suatu organisasi, buat job title dan definisikan hubungannya dengan job title lain, sebagai berikut:
  • Klik "Structure" di menu "Job", lalu klik "Job Titles". Lalu klik "New Job Title". Isi "Job Code", "Job Title" dan pilih "Direct Superior", lalu klik "Simpan".
  • Klik "Staff" dari menu "People". Pilih staff yang akan menempati job title yang dibuat di atas, lalu klik "Lebih lanjut" di baris nama staff tersebut. Pilih tab "Organisasi dan Informasi Kerja", lalu di "Job Title", pilih job title yang dibuat di atas. Lalu klik "Simpan".
  • klik "Diagram" di menu "People", lalu klik tab "Job Title/Orang", maka akan terlihat struktur yang dibuat dengan staff yang menempati masing-masing job title.
Job title juga bisa dibuat dengan membuat datanya sebagai file CSV, lalu mengupload file tersebut ke Kopoka. Di file CSV, tulis satu baris untuk satu job title, namun parent job title (yaitu job title dari direct superior) harus ditulis lebih dahulu. Untuk job title pertama di branch, kosongkan parent job title. Kemudiab, klik menu "Administrator", lalu klik "Upload Job Title" di "Job". Lalu upload file CSV tersebut.