Langsung ke konten utama

Cara mulai menggunakan Kopoka Spot

Selamat telah membeli Kopoka Spot!

Berikut cara untuk memulai menggunakan Kopoka Spot.

Download app dan buat akun Kopoka 

Langkah 2 dan 3 bisa diabaikan jika anda sudah memiliki akun Kopoka
  1. Download aplikasi Kopoka untuk Android di Google Play Store dan install.
  2. Daftarkan organisasi anda di Kopoka, jika belum terdaftar, dengan cara menghidupkan aplikasi Kopoka yang sudah diinstall dan ketuk di "Daftar" (atau Sign Up dalam bahasa Inggris), lalu isi kolom-kolom isian dan ketuk tombol "Daftar". Lihat cara mengisinya disini.
  3. Email berisi informasi login dan pemakaian akan dikirimkan ke alamat email anda setelah registrasi selesai.

Daftarkan Spot ke akun Kopoka

Berikut cara untuk mendaftarkan Spot di akun Kopoka organisasi anda:
  1. Buka aplikasi Kopoka, lalu login dengan email dan kata kunci yang didaftar saat registrasi.
  2. Hidupkan satu atau lebih peralatan Kopoka Spot yang anda beli, dengan cara memencet tombol ON/OFF di sisinya selama 3 detikan hingga tampak lampu biru menyala. Jika anda perlu suatu waktu mematikan Kopoka Spot, pencet tombol ON/OFF selama 3 detikan hingga tampak lampu biru menyala berkedip-kedip.
  3. Ketuk icon menu di kiri atas, maka akan tampil sliding menu di kiri. Ketuk di menu "Administrator", lalu ketuk di menu "Kopoka Spots", maka akan tampil halaman daftar Kopoka Spot yang hidup, belum terdaftar (unregistered) dan berada disekitar smartphone anda.
  4. Ketuk di "Centang semua", kemudian ketuk di "Perbarui Spot", lalu ketuk "Perbarui Spot", maka Spot anda akan didaftarkan ke organisasi anda di Kopoka.
Anda bisa mulai menggunakan smartphone anda untuk absensi dengan Kopok Spot! Daftarkan staff anda ke Kopoka agar bisa absensi juga dengan mengikuti petunjuk ini.

Letakkan Kopoka Spot di tempat yang ideal

Sebaiknya letakkan Spot ditempelkan di tempat yang:
  • tidak kelihatan dan tidak mudah dijangkau, untuk mencegah perusakan/pencurian oleh orang iseng,
  • ada “line-of-sight” (garis lurus yang tidak terganggu pergerakan orang) dari Spot ke hape pemakai, untuk mengurangi interferensi dan sinyalnya tetap dapat diterima dengan stabil dan baik.
Contoh lokasi yang biasa dipakai adalah di bagian dalam dari “dropped ceiling”, yang tidak kelihatan dan tidak mudah dijangkau, namun sinyal tidak terganggu lalu lalang orang.